Beda gigi anjing dengan manusia

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Jumlah gigi manusia dewasa berbeda dengan jumlah gigi anjing. Manusia dewasa mempunyai 32 gigi sedangkan anjing dewasa mempunyai 42 gigi. Bentuk, susunan dan ukuran gigi manusia pun berbeda dengan anjing. Rahang dan gigi manusia dirancang terutama untuk mengunyah terlihat dari gigi geraham yang cukup besar dan permukaannya datar yang cocok untuk mengunyah makanan.

Bentuk dan susunan gigi anjing yang tajam dan runcing terutama dirancang sesuai dengan pola makannya. Gigi ang tajam dan runcing tersebut gunakan terutama untuk memotong dan merobek daging mangsanya. Anjing  tidak seperti manusia, mereka tidak banyak mengunyah makanannya, tetapi langsung menelan makanannya.

Gigi manusiagigi anjing

Anjing yang berukuran besar atau ras besar punya jumlah gigi yang sama dengan anjing ras kecil. Perbedaannya terletak pada ukuran rahang dan susunan gigi. Pada anjing ras kecil, jarak antara satu gigi dengan yang lainnya lebih dekat. Hal ini membuat karang gigi pada anjing ras kecil lebih mudah terbentuk. Pastikan untuk selalu rutin menyikat gigi anjing kesayanganmu, untuk mencegah pembentukan karang gigi.