Mengapa genetika anjing

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Waktu sekolah dan kuliah genetik memang bukan topik yang menarik bagi beberapa orang dan beberapa orang menganggap genetik termasuk tema yang sulit dan membuat pusing kepala. Meskipun teorinya banyak, sebenarnya banyak hal praktis yang bermanfaat bagi kita dan anjing kesayangan kita. Bagian genetika anjing pada web ini bertujuan memberikan jalan supaya anda dapat mengenal anjing lebih banyak dari sisi genetika mereka yang menakjubkan.

Dari kacamata genetika, anjing termasuk spesies yang sangat menarik :

  • Anjing adalah satu-satunya spesies hewan di dunia yang mempunyai variasi ras (varietas) paling banyak. Setidaknya ada lebih dari 300 ras anjing di seluruh dunia, dari yang berukuran sangat kecil dengan berat badar sekitar 1-4 kg seperti Chihuahua sampai new foundland dan mastiff yang bisa mencapai 60-70 kg atau lebih.
  • ras anjing adalah variasi dari spesies. Masing-masing punya ciri bentuk dan karakter yang unik. Keunikan ini dilestarikan dan dijaga dengan cara dikawinkan dengan ras yang sama agar anakan yang dihasilkan tetap membawa keunikan induknya. Dari sisi genetik mengawinkan dengan ras yang sama ini adalah inbreeding, bahasa sederhananya disebut kawin dengan kerabat (bisa kerabat dekat atau kerabat jauh). Makin dekat kekerabatan koefisien inbreeding semakin besar dan risiko cacat genetik juga semakin besar. 
  • Perkawinan satu ras memang dapat mempertahankan kestabilan karakter ras tersebut. Para pembiak berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin sifat-sifat dan karakter ras yang dinginkan, sementara hal-hal yang tidak dinginkan seperti cacat genetik juga ikut berkumpul. Akibatnya setiap ras anjing punya kecenderungan menderita penyakit tertentu lebih tinggi dari ras lainnya.

Mempelajari genetika anjing dan mengenali genetik anjing ras kesayangan anda dapat bermanfaat untuk:

  • mengenali dan memperkirakan kemungkinan warna anakan (bila anda seorang pembiak/breeder anjing)
  • mengenali cacat genetik dan mencegahnya menyebar dengan tidak mengawinkan anjing yang cacat tersebut
  • mengenali dan waspada dengan kecenderungan terhadap beberapa penyakit (bila anda seorang dokter hewan atau pemilik anjing)

Penting diingat !

Bila anda mengetahui anjing ras milik anda cenderung memiliki penyakit tertentu / cacat genetik....bukan berarti penyakit atau cacatnya pasti akan muncul. Mungkin saja anjing tersebut kebetulan tidak membawa gen yang merugikan. Genetika behubungan erat dengan statistik dan persentase kemungkinan....dan gen sendiri masih merupakan misteri besar karena satu gen dipengaruhi juga oleh gen lain dan banyak hal lainnya....Jadi tetap rawat dan sayangi anjing anda, tidak peduli apa pun kemungkinan genetiknya :)