Setiap hari 160 orang meninggal karena rabies

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Global Alliance for Rabies Control (GARC) melakukan studi secara global mengenai rabies dan mempublikasikan hasilnya pada tanggal 16 april 2015. Pada laporan tersebut terdapat  informasi setidaknya dalam setahun 59.000 orang meninggal karena rabies itu setara dengan 160 orang per hari. Kerugian yang diakibatkan rabies mencapai nilai 8.6 milyar USD dalam setahun. Menurut publikasi badan internasional yang bertanggungjawab atas kesehatan hewan dunia (OIE), sekitar 79.000 orang meninggal akibat rabies dalam setahun dan sebagian besar korban rabies adalah anak-anak. Rabies adalah ancaman global bagi kesehatan manusia.

Hanya sedikit negara yang bebas rabies di dunia. Yang baru-baru ini berhasil menjadi negara bebas rabies adalah Jepang, itupun setelah melalui usaha selama bertahun-tahun.

daerah bebas rabies di dunia 2010

Daerah bebas rabies di dunia, tahun 2010 (warna hijau). sumber wikipedia

95 persen korban rabies tertular melalui gigitan anjing. Korban terduga rabies biasanya diobati dengan suntikan serum vaksin rabies. Bila tidak muncul gejala maka ia akan selamat, tetapi bila gejala rabies telah muncul biasanya korban akan meninggal dalam waktu sekitar 10 hari. Tingkat kematian mencapai 100 persen bila gejala rabies telah muncul. Rabies dapat dicegah 100 % melalui vaksinasi. Jangan lupa untuk rutin memvaksinasi anjing dan kucing anda. Konsultasikan mengenai vaksinasi rabies ini dengan dokter hewan anda.