Affenpinscher | Jenis Anjing Ras

 |  Written by satwakita  |  0
Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Anjing ras Affenpinscher termasuk golongan Toy dog dengan temperamen terrier. Pertama kali dikenal  & berkembang biak di Jerman namun data yang pasti mengenai asal-usulnya tidak tersedia. Ras Affenpinscher adalah salah satu ras Toy dog yang tertua. Sebuah lukisan di Jerman yang berasal dari abad ke-15, menunjukkan gambar yang menyerupai anjing ras Affenpinscher.

Beberapa orang percaya bahwa Affenpinscher berasal dari ras Brussels griffon. Pada jaman dulu, anjing-anjing kecil namun kokoh itu disimpan di rumah dan di peternakan untuk menyingkirkan binatang pengerat seperti tikus. Anjing-anjing kecil dan menggemaskan ini juga dipelihara sebagai hewan kesayangan dan penghibur keluarga.

Secara harfiah Affenpinscher, berarti "monyet”. Dengan kepribadiannya yang berani dan independen, anjing ini cenderung riang dan suka melucu. Mereka cenderung sibuk, dan tidak seperti kebanyakan Toy Dog, Affenpinschers cenderung rukun dengan anjing lainnya.
anjing ras affenpinscher

Sejarah Ras Anjing Affenpinscher

Sesuai dengan namanya, Kata "Affen" berarti monyet dan "pinscher" berarti terrier, anjing Affenpinscher memang lincah dan suka melucu seperti monyet. Orang Prancis menyebutnya dengan moustachu diablotin, yang berarti "setan kecil berkumis".

Meskipun kita tahu bahwa anjing ini awalnya berkembang biak di Jerman, asal usul yang pasti masih tidak jelas. Salah satu keturunan Toy Dog tertua, sejarahnya telah dilacak kembali ke 1600-an dalam lukisan dari Masters Belanda. Dalam lukisan tersebut tergambar anjing yang mirip anjing ras affenpinscher.

Pada abad ke-17, orang Eropa yang menggunakan anjing terrier kecil untuk membantu mereka menangkap tikus. Orang Jerman juga menggunakan anjing- anjing kecil untuk menjaga hewan pengerat adar jauh dari dapur dan daerah lain di mana makanan disimpan. Bahkan ada versi lebih kecil dari anjing ini yang khusus dibiakkan sebagai pemburu tikus. Anjing-anjing kecil inilah yang kemudian menjadi ras Affenpinscher.

Seiring waktu berlalu, anjing-anjing affenpinscher  disempurnakan melalui persilangan dengan German Silky Pinscher, Standard German Pinscher, dan Pug itu. Karena popularitas tinggi pada waktu itu, Orang Jerman mengklaim Affenpinscher adalah hasil kreasi mereka. Affenpinscher  diakui AKC (American Kennel Club) sebagai satu ras anjing pada tahun 1936. Setelah Perang Dunia II  jumlah anjing ras ini menurun, menjadikan mereka salah satu Toy Dog yang  langka saat ini
anjing ras affenpinscher

Penampilan Fisik

Alis lebat, mantel rambut kusut dan struktur wajah secara keseluruhan seperti monyet dan ekspresi paling menggambarkan tampilan fisik anjing Affenpinscher. Rambut pada wajah biasanya lebih panjang dari rambut di seluruh tubuh.

Anjing ras Affenpinscher memiliki mata besar yang bulat dan berwarna gelap. Susunan gigi  sedikit undershot dengan rahang bawah yang cukup lebar. Pemotongan ekor dan Kupir (potong telinga) bisa dilakukan, namun tidak diperbolehkan di negara tertentu.

Warna:
Hitam adalah warna yang paling umum anjing ras Affenpinscher. Selain itu mereka juga tersedia dalam warna hitam dan cokelat, perak, abu-abu dan merah.
Tinggi:
Tinggi rata-rata anjing ras Affenpinscher adalah sekitar 10 sampai 15 inci (25-39 cm).
Berat
Baik anjing Affenpinscher jantan maupun betina biasanya mempunyai berat sekitar 7 sampai 8 kilogram.
 

Merawat Anjing Ras Affenpinscher

Walaupun anjing ini dapat sedikit sulit diam dan tampaknya memiliki sejumlah energi yang tak pernah habis, Kebutuhan gerak/latihan untuk Affenpinscher dapat dipenuhi dengan bermain setiap hari dan berjalan-jalan dengan tetap dirantai. Anjing ini suka bermain di luar tetapi anjing ini sebaiknya harus tinggal/tidur di dalam rumah pada malam hari.

Anjing Affenpinscher membutuhkan banyak cinta dan perhatian. Mereka menyukai kontak dengan manusia dan benar-benar senang menjadi pusat perhatian. Affenpinscher cocok jadi anjing pengawas (watchdog), karena mereka selalu menggonggong pada suara  atau sesuatu yang tidak dikenal. Meskipun begitu, karena ukurannya yang kecil, affenpinscher tidak cocok sebagai anjing penjaga yang bertugas melindungi rumah dari tamu tak diundang

Anjing ras affenpinscher perlu disisir secara menyeluruh menyisir, tiga kali per minggu. Pemotongan rambut sebaiknya dilakukan sekitar empat kali setiap tahun.
 

Masalah Kesehatan

Rentang hidup rata-rata dari Affenpinscher adalah antara 12-14 tahun. Para Dokter hewan di luar negeri menyarankan anjing ras Affenpinscher anjing dites untuk resiko/ kemungkinan terkena gangguan jantung dan lutut. Anjing ras Affenpinscher  kurang cocok untuk tempat bercuaca panas. Cuaca Sangat panas dan lembab cenderung menyebabkan masalah pernapasan pada anjing tersebut. Anjing ini juga rentan terhadap masalah keseleo tempurung lutut (luxatio patella), Fraktur (patah tulang), Patent ductus arteriosus dan ulkus kornea

Sekali beranak biasanya  melahirkan 1 sampai 3 anak anjing.

Mereka juga cenderung suka makan benda-benda aneh. Anjing ini membutuhkan banyak kasih sayang dan perhatian. Mereka cenderung ingin bersama Anda sepanjang waktu. Mereka berusaha mencuri perhatian dan suka sekali duduk di pangkuan.

 

Grooming

Lapisan rambut kasar dan liat dibagian luar dan lapisan bawah yang sedikit keriting memerlukan tindakan rutin untuk menyikat dan menyisir secara menyeluruh sekitar sekali atau tiga kali dalam waktu seminggu. Rambut yang rontok sangat sedikit dan pemotongan rambut  jarang diperlukan.

Perawatan rutin minimal seperti potong kuku, membersihkan telinga, membersihkan mata, memotong rambut di sekitar sudut mata (untuk menghindari iritasi mata) dan kegiatan lainnya tetap diperlukan. Affenpinscher relatif  mudah dirawat karena hanya membutuhkan perawatan minimal.

 

Temperamen

Affenpinscher cenderung berani, lincah, cerdas, ingin tahu, keras kepala, nakal dan lucu. Anjing ini biasanya ramah dengan anak-anak dan cocok dengan hewan peliharaan keluarga lainnya, terutama ketika diperkenalkan dengan benar tepat pada awal. Mereka suka untuk menyenangkan pemiliknya.

Meskipun mampu belajar dengan cepat, sifat  sikap keras kepala kadang mendominasi. Ini yang kadang menyebabkan anjing Affenpinscher jadi sulit untuk dilatih. Metode Pelatihan harus menekankan pada konsistensi dan ketegasan, hati-hati menghindari pengulangan berlebihan karena anjing ini cenderung cukup mudah bosan.
anjing ras affenpinscher
Affenpinscher adalah pengawas yang baik. Mereka umumnya ingin menerapkan naluri pelindung mereka untuk melindungi makanan dan mainan dari anak-anak kecil.

The Affenpinscher adalah anjing setia, sayang dan loyal terhadap pemilik dan teman-temannya. Dia selalu siap untuk melindungi pemiliknya, rumah, dan harta keluarganya. Mereka adalah pengawas sangat baik dan tak kenal takut terhadap agresor apapun.

Anjing kecil ini menganggap dirinya jauh lebih besar daripada sebenarnya.

Anjing ras Affenpinscher adalah pelawak kecil yang menawan dan akan menghibur Anda dengan melemparkan mainan mereka di udara dan berjalan menggunakan 2  kaki belakangs, hanya untuk bersenang-senang. Mereka umumnya tenang, namun bisa sedikit gugup bila berreaksi terhadap rangsangan yang mereka temukan

Seekor Affenpinscher bisa  dan akan menggigit jika diprovokasi, sehingga anak-anak harus diajarkan untuk lembut dan menghormati anjing ini. (drh. Neno WS)

 
 

Kemampuan untuk dilatih
Kecerdasan
Bulu rontok
Pengawas
Penjaga
Popularitas
Ukuran
Kelincahan
Dengan anak kecil
Perlu grooming
Perlu latihan fisik
Dengan anjing lain