American Water Spaniel | Jenis Anjing Ras

 |  Written by satwakita  |  0
Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Trah American water spaniel memang berkembang biak untuk menjadi pemburu handal. Mereka berkembang jadi hunting dog, gun dog dan pandai berenang dengan menggunakan ekornya sebagai kemudi. Kemampuan penciuman yang sangat baik ditambah kemampuan atletik untuk bekerja medan paling sulit, serta membawa hewan buruan (retriever) ke perahu kecil aatau kano. American water spaniel bisa membawa dan mengambil kelinci, ayam, belibis, burung puyuh, burung atau bebek dengan mudah.

Meskipun termasuk ras anjing yang agak jarang dan langka, Para penggemar anjing American Water Spaniel memiliki klub sendiri. Bahkan ras anjing ini jadi semacam maskot bagi bagian Wisconsin di Amerika Serikat. Jenis anjing American Water Spaniel dikembangbiakkan dengan dua tujuan utama, yaitu : untuk hewan kesayangan (pet/companion) dan sebagai anjing pekerja yang bertugas mengambil hewan buruan atau benda lainnya (Retriever).

American Water Spaniel dikenal sebagai salah satu ras anjing yang mempunyai kemampuan Retreiver yang sangat baik. American Water Spaniel adalah anjing yang aktif, berotot dan berukuran sedang. Rambutnya yang unik bisa berwarna solid liver (merah tua), coklat atau coklat tua. Tekstur rambut juga bervariasi dari marcel (bergelombang seragam) hingga agak keriting (kribo). Jenis rambut demikian memerlukan perawatan penyisiran yang teratur.

Anjing American Water Spaniel awalnya dikembangbiakkan terutama di daerah Great Lakes, negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat pada pertengahan tahun 1800. Dengan leluhur yang mencakup Irish Water Spaniel Irlandia, Old English Water Spaniel dan Curly-Coated Retriever, mereka pertama kali dikembangkan di negara ini sebagai anjing pemburu multi guna yang juga bisa mengambil hewan buruan di air.

Awalnya para penggemar ras anjing ini tidak pernah mengikutkan anjing mereka dalam kontes anjing karena takut akan merusak reputasinya sebagai pemburu, tapi kemudian ras anjing ini berkembang biak dan diakui oleh American Kennel Club (AKC) pada tahun 1940.
 

Ras Anjing Yang Tepat Untuk Anda?

Anjing American Water Spaniel adalah anjing aktif yang senang olahraga dan juga anjing keluarga yang sangat baik. American Water Spaniel memiliki energi yang banyak dan semangat untuk berburu namun mudah dikontrol di lapangan. Anjing ini juga menyukai latihan rutin sehari-hari, tapi juga menikmati suasana tenang dengan pemiliknya. Selain ramah, menyenangkan dan bersemangat, American Water Spaniel juga mempunyai respon yang baik untuk pelatihan ketaatan.

american water spaniel jenis anjing
 

Kemampuan untuk dilatih
Kecerdasan
Bulu rontok
Pengawas
Penjaga
Popularitas
Ukuran
Kelincahan
Dengan anak kecil
Perlu grooming
Perlu latihan fisik
Dengan anjing lain